Cara Membuat Septic Tank Konvensional

cara membuat septic tank konvensional

Cara membuat septic tank konvensional – Merupakan alat untuk menampung limbah atau kotoran tinja yang berasal dari kloset. Bangunannya biasanya terletak dibawah tanah, yang dindingnya dibuat dengan buis beton. Di kota-kota besar seperti kota Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Bali, dan kota-kota besar serta berkembang lainnya di Indonesia juga sangat perlu adanya pengetahuan tentang bagaimana agar bagunan tangki septic tank yang sudah dibuat bisa kuat,  kokoh dan ramah lingkungan.

Adanya Bakteri Pengurai Limbah

Cara membuat septic tank konvensional juga harus dilengkapi penutup beton bertulang serta adanya pipa untuk saluran udara yang mempunyai ukuran sebesar 1,5”. Tujuannya adalah agar bakteri yang ada didalam tangki bisa berkembang dan tumbuh subur. Selain itu tangki septic perlu mendapatkan kadar oksigen yang cukup. Dengan adanya bakteri-bakteri yang tumbuh dengan subur, kemungkinan limbah tinja didalam tangki akan hancur dengan lebih cepat. Semakin banyak bakteri yang berkembang, maka bangunan akan lebih awet dan panjang usia.

Sedangkan dengan mengetahui cara membuat wc yang baik dan benar, maka akan lebih memaksimalkan hasil yang akan dikerjakan. Fungsi utamanya adalah untuk menampung limbah tinja, sekaligus berguna melakukan proses penghancuran terhadap kotoran didalam tangki penampungan yang akan dilakukan oleh bakteri-bakteri didalamnya. Konstruksi septic tank yang baik, perlu juga dibuat area sumur resapan yang jaraknya tidak jauh dari tangki yang telah dibuat sebelumnya.

Penting Adanya Resapan Air

Cara membuat septic tank konvensional ini bisa dilakukan dengan cara memperhitungkan jarak antara kloset dengan tangki penampungan kotoran dan juga jarak antara area resapan airnya. Biasanya proses pembuangannya adalah dari kloset dan akan dialirkan kedalam tangki septic. Setelah itu akan mengalir ke area resapan air, baru kemudian dialirkan ke saluran air lain (parit) yang sudah ada sebelumnya. Kenapa harus demikian prosesnya ? Jawabannya ialah agar air limbah dari tangki bisa lebih ramah lingkungan. Untuk menghindari terjadinya kotoran tinja mampet di tengah-tengah pipa penghubung, maka disarankan jarak antara kloset dan tangkinya tidak terlalu jauh.

Umur dari septic tank konvensional ini beragam, maksudnya umur adalah masa waktu untuk di sedot, dan kemampuan bertahan lima sampai sepuluh tahun bila dibuat beton, karena bangunan yang terbuat dari beton lama kelamaan akan ambrol atau ambles termakan atau terkikis oleh tanah. Harga pembuatannya pun lebih murah, hal itu masih menjadi alasan kenapa orang lebih memilih septic tank konvensional daripada yang instan serta siap pakai. Selain itu juga ada yang membuatnya dari drum.

cara membuat septic tank konvensional

Cara Mempersiapkan Septic Tank Sederhana

Cara membuat septic tank konvensional bisa dibilang cukup mudah. Namun jika Anda tidak memiliki keahlian dalam membuatnya, lebih baik gunakan jasa orang lain saja ya ? Biasanya orang juga membuat septic tank konvensional dalam bentuk lingkaran dengan bantuan cetakan yang sudah tersedia. Untuk membuatnya dibutuhkan disesuaikan dengan ukuran septictank yang akan dibuat. Bahan yang diperlukan dalam membuat septic tank konvensional bisa dengan mudah di dapatkan di toko bangunan. Perlu diperhatikan pada saat membangunnya adalah lokasinya, besarnya jumlah tinja yang akan ditampung dan berapa banyak orang yang menggunakan.

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam cara membuat septic tank konvensional dengan baik dan benar, atau lokasi perumahan yang dimiliki berada di tengah-tengah kota besar serta tidak memiliki lahan yang cukup untuk membuat bangunan yang telah dibahas diatas, maka kami memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Silakan baca-baca terus ulasan yang kami berikan ya ? 😀

Sudah sejak beberapa tahun belakangan ini kami telah berhasil memproduksi secara massal tangki septic tank biotech yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Selain itu juga tidak memerlukan perawatan khusus selama pemakaian dan yang lebih penting lagi produk jenis ini bisa sangat ramah lingkungan serta memiliki Garansi hingga 10 tahun pemakaian. Jika Anda dan keluarga ingin bertanya-tanya terlebih dahulu tentang produk yang dijual, bisa langsung menghubungi CS kami. Terimaksasih 🙂

Pengunjung Juga Mencari :

  • cara membuat septic tank resapan
  • cara membuat septic tank ramah lingkungan
  • cara membuat septic tank dengan buis beton
  • membuat septic tank tanpa resapan
  • septic tank dan resapan
  • Membuat septik tank yang baik
  • septik tank dgn cincin beton
  • konatruksi septictqnk tanpa resapan
  • Cara membuat speteng kering
  • membuat galian untuk rembesan air septic tank
  • Buat spiteng dan resapan
  • cara membuat Septi tanj yg benar
  • cara membuat saptict tank
  • cara membuat rembesan
  • cara buat sepsitank benar
  • cara buat saptytank resapan
  • cara bikin septi tank yg benar
  • cara bangun wc jongkok dan sapiteng
  • tutorial buat sepiteng

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *