Lingkungan Hidup dan Pelestarian Yang Harus Dilakukan

lingkungan hidup dan pelestarian

Lingkungan hidup dan pelestarian yang harus dilakukan – Menurut Emil Salim, artikel ini adalah mengacu kepada semua benda, keadaan, kondisi dan juga pengaruh dalam ruangan yang sedang kita tinggali serta hal tersebut mempengaruhi kehidupan di sekitar kita, baik itu manusia, tumbuhan, hewan, dan juga manusia. Menurut UU No. 32 Tahun 2009, pengertian lingkungan hidup adalah kesatuan ruang lingkup semua benda, keadaan, makhluk hidup, daya, termasuk individu dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan orang serta makhluk hidup lain.

Makalah Pelestarian Lingkungan Hidup

Berikut adalah beberapa materi dan makalah yang menjadi pokok pembahasan tentang definisi menurut beberapa sumber, termasuk pula unsur atau komponen lingkungan, manfaatnya serta cara pelestariannya yang berhasil kami susun untuk Anda.

Pengertian lingkungan hidup menurut Soemarwoto adalah seluruh benda dan juga kondisi yang berada di dalam ruangan yang sedang kita tempati dan mempengaruhi kehidupan kita. Sedangkan menurut Bintarto, adalah segala hal yang berada di sekitar kita, baik itu benda ataupun makhluk hidup yang terpengaruh oleh kegiatan yang dilakukan manusia. Konsep yang dimiliki adalah kesatuan antara seluruh makhluk hidup dan non-hidup, meliputi berbagai unsur lingkungan serta manfaatnya, termasuk interaksi seluruh spesies dan sumber daya alam.

Lingkungan Hidup di Sekitar Kita

Sedangkan menurut ensiklopedia Ekologi, pengertian lingkungan hidup atau environment mengacu kepada keseluruhan yang saling berkaitan antara mahkluk hidup dan non hidup yang berada secara alamiah di bumi atau di sebagian daerahnya. Pengertian komponen ini terdiri dari berbagai benda-benda tidak hidup, misalnya tanah, air, udara, iklim, dan sebagainya. Selain itu juga bisa sebagai sebuah kesatuan yang meliputi berbagai makhluk hidup beserta seluruh komponen disekitarnya.

lingkungan hidup dan pelestarian

Demikianlah pembahasan konsep lingkungan hidup yang meliputi pengertian lingkungan menurut para ahli, kemudian unsur atau komponen dalam suatu lingkungan, manfaatnya serta upaya pelestariannya.

Dengan berbagai pengertian di atas, maka lingkungan hidup dan pelestarian secara sederhana dapat disimpulkan bahwa sebuah kesatuan yang meliputi berbagai makhluk hidup beserta seluruh komponen disekitarnya, yang berhubungan dengan habitat makhluk hidup lainnya. Komponen ini terdiri dari manusia, hewan atau satwa serta fauna, tumbuhan maupun flora. Jenis permasalahannya juga seakan-akan meningkat seiring dengan upaya meningkatnya populasi dan eksploitasi sumber daya alam untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia.

Pengertian Lingkungan Menurut Rara Ahli

Sedangkan pengertian lingkungan alami menurut para ahli adalah alam yang sudah ada tanpa adanya campur tangan manusia. Menurunnya kualitas daerah ini berarti hilangnya berbagai manfaat yang disediakan alam bagi manusia. Jika kualitasnya baik akan sangat penting bagi terciptanya kehidupan manusia yang sehat, aman dan sejahtera. Unsur lingkungan hidup jenis ini tidak berasal dari aktifitas manusia. Unsur-unsur ini adalah kawasan sosial, budaya yang ada di sekitar manusia. Contoh jenis ini adalah cuaca, iklim, bentang alam, batuan mineral, tanah, vegetasi alami, kehidupan hewan asli, mikro organisme, perairan permukaan dan bawah tanah.

Lingkungan alam akan bervariasi dalam sebuah kontinum, dari idealnya antara seratus persen alami ke titik pendulum lain yaitu nol persen alamiah. Terdapat banyak cara hidup ramah area yang dapat kita lakukan untuk melakukan pelestariannya. Termasuk di dalam unsur ini adalah semua vegetasi, mikro organisme, tanah, batuan, suasana, fenomena alam yang terjadi dalam batas-batas dan sifat serta upaya mereka. Keberadaan suatu wilayah fisik sangat besar pengaruhnya terhadap kelangsungan hidup berbagai bentuk kehidupan di bumi.

Komponen Lingkungan Hidup

Meskipun demikian, sangat sukar menemukan lingkungan alam yang sungguh-sungguh alami. Menjaga agar suatu wilayah tetap lestari merupakan hal yang vital bagi manusia. Ilustrasi interaksi berbagai komponen di dalamnya, dalam hal ini adalah perputaran Nitrogen. Daerah dimana manusia mengubah bentang alam seperti perkotaan dan lahan pertanian, maka lingkungan alamiah semakin berkurang. Kondisi daerah sekitar akan sangat mempengaruhi setiap organisme yang ada.

lingkungan hidup dan pelestarian

Ringkasan Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup

Sedangkan menurut etimologi, kata nature ataupun alam berasal dari sebutan latin natura yang berarti kualitas penting atau disposisi bawaan. Membicarakan tentang materi unsur lingkungan tidak akan lengkap tanpa membahas tentang unsur-unsur alami dan buatan. Kualitas tersebut dikatakan baik jika keadaaan faktor hayati maupun komponen fisik yang ada mampu mendukung kehidupan berbagai spesies. Hal ini dikarenakan bahwa setiap orang tentu membutuhkan sumber daya alam untuk berkembang biak dan hidup. Dalam sebuah wilayah terdapat alam dan non alam serta terdiri atas alamiah dan buatan.

Demikianlah pembahasan tentang lingkungan hidup dan pelestarian nya, agar kita bisa lebih mengerti mengenai bagaimana cara melakukan upaya yang baik dan benar dalam menjaga alam di sekitar tempat kita tinggal.

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *