Unsur-unsur Lingkungan Hidup Yang Wajib Diketahui

unsur-unsur lingkungan hidup

Unsur-unsur lingkungan hidup yang wajib diketahui – Botani sebagai ilmu yang berdiri sendiri dan tentu berguna dalam kehidupan manusia, karena dengan pengetahuan itulah manusia dapat mengambil contoh serta manfaat dari berbagai jenis tumbuh-tumbuhan, keajaiban, keindahan, dan kehalusan yang ada di sekitar kita. Dengan adanya tumbuh-tumbuhan itu dapat mengundang halayak untuk dapat membuka mata hatinya kemudian berpikir, bahwa semua kejadian itu adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.

Arti Penting Lingkungan Hidup

Definisi lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada disekitar tempat hidup atau tempat tinggal kita, yang setiap makhluk hidup akan sangat terpengaruh oleh lingkungan hidupnya, sebaliknya makhluk hidup itu sendiri juga dapat mempengaruhi lingkungannya. Sedangkan sumber alam merupakan kekayaan yang disediakan untuk manusia, dan hendaklah dapat mengelola manfaat dengan sebaik-baiknya.

Keberadaan air juga sangat penting. Tanpa adanya air, baik manusia hewan dan tumbuhan disebut tidak dapat melanjutkan hidupnya. Begitu pula karena adanya pengotoran udara disebabkan oleh bermacam-macam faktor, bisa disebabkan asap yang keluar dari pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor dan bisa juga disebabkan hawa tubuh manusia atau pemukiman yang terlalu padat dan sesak. Apabila manusia mengurus dan mengelola alam lingkungan serta berbagai kekayaan yang tersedia ini dengan sebaik-baiknya, seadil-adilnya, maka kebaikan itu akan dapat dinikmati oleh semua makhluk secara awet dan lestari.

Contoh Unsur-unsur Lingkungan Hidup

Mengetahui tentang unsur-unsur lingkungan hidup sangatlah penting. Apa yang dilakukan manusia terhadapnya bergantung pada apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri. Lingkungan sekitar yang telah tersedia ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan semua makhluk hidup. Setelah kelahiran manusia, muncul jenis-jenis baru berupa tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan yang disediakan untuk kaum manusia agar sejahtera hidupnya.

Air juga kebutuhan yang paling esensial bagi manusia, maka Tuhan Yang Maha Esa telah menyediakan air dimana-mana, hampir 4/5 permukaan bumi terisi air. Selain itu merupakan keperluan utama, sejak penggunaan yang paling kecil seperti untuk minum, masak, mencuci, dan lain-lain sampai pemanfaatan air untuk pertanian. Dengan akal dan pikirannya, umat ini banyak bertindak sehingga kebutuhannya lebih diutamakan dari kepentingan yang lain.

Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup

Serta banyaknya gas yang mengancam kesehatan bercampur dengan udara, seperti: gas karbon monoksida, dan partikel-partikel halus dari timah hitam, polusi udara juga bisa membahayakan lalu lintas, baik darat, laut maupun udara dan bisa merusak ekosistem yang ada disekitarnya. Suara juga bisa tercemar, karena berbagai akibat kegiatan manusia yang semakin berdesakan dan hiruk pikuk di pabrik dan pemukiman.

Pemakaian pupuk yang terlalu banyak, tidak wajar dan tidak menurut aturan yang telah ditentukan, bisa juga menyebabkan polusi tanah. Krisis lingkungan terjadi sekarang ini adalah akibat kesalahan manusia. Menanggapi persoalan ekologinya, begitu menurut ahli sejarah, Lynn White Jr. Guna mencegah atau menguranginya, maka pemakaian pupuk di daerah pertanian hendaklah menurut aturan yang telah ditentukan.

Contoh Unsur Biotik

Di lingkungan kita terdapat sumber kekayaan yang berada di dalam perut bumi, dikenal sebagai bahan tambang. Akan tetapi jika pengurusan tidak baik, boros, serampangan, tidak adil dan tidak seimbang dalam melakukan eksplorasi, melewati batas dalam memperlakukan alam lingkungannya, maka dapat dipastikan bisa terjadi malapetaka yang akan datang kepada manusia dan alam disekitarnya.

unsur-unsur lingkungan hidup

Oleh karena itu, cara menjaga kelestarian unsur-unsur lingkungan hidup hendaknya bisa dilaksanakan dengan baik. Dimuka bumi Allah menciptakan makhluk berupa tumbuhan yang beraneka ragam dan berbagai jenis hewan dari yang bersel satu hingga binatang-binatang raksasa. Air laut yang asin dimanfaatkan oleh manusia untuk jalur transportasi antar pulau dan benua. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memungkinkan tanah memberikan hasil yang berlipat ganda, yaitu peningkatan produksi panen yang berasal dari tanah.

Unsur-unsur Lingkungan Hidup dan Unsur Ekologi

Polusi atau pencemaran adalah suatu keadaan dimana kondisi suatu habitat (tempat dimana makhluk hidup itu berada) tidak murni lagi. Dengan inilah manusia mempunyai kedudukan istimewa dalam menjaga lingkungannya. Pencemaran air dapat terjadi karena penggunaan zat-zat kimia yang berlebihan, seperti penggunaan DDT, endrin melebihi dosis yang telah ditentukan. Jika pencemaran tanah disebabkan berbagai hal, seperti sampah berupa kaleng-kaleng bekas, plastik, dan lain sebagainya.

Sementara itu unsur-unsur lingkungan hidup dan sumber alam abiotik yang berupa tambang-tambang yang tak dapat diperbaharui lagi, semakin berkurang dan yang biotik tidak ada pelestarian kembali. Penggunaan tanah untuk pertanian dimulai sejak cara yang paling sederhana hingga penggunaan mekanisasi pertanian yang modern. Tetapi bagaimanapun juga manusia itu ada yang menjaga dan pelestarian lingkungannya serta ada juga yang merusak.

unsur-unsur lingkungan hidup

Makalah Unsur-unsur Lingkungan Hidup

Menelaah uraian-uraian di atas, kita bisa membuat makalah unsur-unsur yang bisa disusun secara berurutan. Dan nyatalah bahwa lingkungan hidup yang telah tersedia ini diciptakan Tuhan Yang Maha Esa untuk kepentingan manusia selaku salah satu komponen biotik dalam lingkungannya yang mempunyai kelebihan daripada makhluk lain, yaitu akal dan budi.

Demikianlah ulasan singkat kami tentang unsur-unsur lingkungan hidup. Dan semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda serta keluarga tercinta.

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *